Sabtu, 23 Februari 2013

UNIX OVERVIEW

UNIX
Sejarah

Sejarah dari sistem operasi UNIX merupakan sejarah yang sudah menjadi legenda. Pada artikel ini tidak akan dijelaskan secara detail. Oleh karena itu kita akan menjelaskan secara ringkas saja.  UNIX pertama kali dikembangkan pada suatu laboratorium namanya Bell Labs. Setelah itu pengoperasiannya pada PDP-7 tahun 1970. Banyak pihak dan ahli yang ikut serta dalam proyek tersebut. Mereka semua saling bekerjasama dengan nama proyek MAC. Proyek tersebut akan menjadi awal dari CTSS dan Multics. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa UNIX berasal dari Multics. Dengan kondisi tersebut pengembang UNIX sebenarnya dipengaruhi oleh CTSS berdasarkan dokumen [RITC78]. Oleh karena itu banyak sekali ide pada UNIX berasal dari Multics. Berangkat dari pekerjaan pada lab Bell tersebut lahirlah sebuah versi dari UNIX. Sistem ini berjalan pada PDP-7 sampai PDP-11. Oleh karena itu pada pertama kalinya UNIX akan menjadi sistem operasi untuk semua jenis komputer. Langkah berikutnya yang dikerjakan adalah menulis kembali sistem operasi UNIX kedalam bahasa pemrograman C. Pada saat penulisan inilah terdapat beberapa kompleksitas dalam sistem operasi tersebut. Seperti mengenai pembagian waktu ataupun event-event yang akan dijalankan harus menuntut ditulis dalam bahasa assembly. Terdapat berbagai alasan dalam penulisan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Memory, termasuk kedua jenis memori baik primary maupun secondary baik itu ROM berukuran kecil dan mahal pada saat ini. Sehingga manajemen pemakaiannya menjadi sangat penting. Dengan adanya hal itu berkembanglah berbagai macam teknik untuk menghemat memori. Seperti halnya memori yang dicampur dengan kode, pembagian data segments dan modifikasi kode. 
  • Bahkan sebuah kompiler pun telah ada pada tahun 1950, Industri komputer secara otomatis menjadi perusahaan manipulasi kode program. Keperluan untuk menciptakan suatu program dengan memakan memori sedikit, struktur data yang baik menjadi prioritas utama. 
  • Processor dan kecepatan bus pada dasarnya kebanyakan lambat, jadi pada saat ekesekusi clock akan memakan waktu dan jeddah tertentu. 


Oleh karena itu bahasa C dipakai untuk menuliskan kode UNIX. Karena bahasa pemrograman C merupakan pemrograman modern dengan bahasa yang mudah dimengerti dan high level programming. Untuk saat ini UNIX ditulis menggunakan bahasa pemrograman C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar